Rabu, 29 Juni 2016

Keutamaan Hari Jumat, MasyaAllah :-)


Perkara-perkara sunah dan yang perlu diingat pada hari Jumat
Inilah Penghulu segala hari
Hari diciptakannya Nabi Adam as.
Hari kiamat akan jatuh
Hari dibuka banyaknya pintu-pintu rahmat
Hari dilimpahkan karunia dan ditaburkannya kebaikan
Hari yang terdapat waktu dimana segala permohonan dan doa akan dikabulkan
Hari yang Allah azza wa jalla melipatgandakan kebaikan, menghapus keburukan, mengangkat derajat, mengijabah doa, menghilangkan duka, dan menunaikan hajat-hajat yang besar.
Hari yang Allah menambahkan jumlah orang-orang yang dibebaskan dari neraka
Hari yang jika seseorang mati pada hari Jum’at atau malamnya, ia mati syahid dan akan dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan aman

Seorang mukmin sejati ;
Hendaknya menjadikan hari jumat sebagai hari yang diutamakan untuk akherat semata.
Hendaknya ia menjadikan seluruh siang dan malamnya tidak terlewat dari amalan-amalan untuk akhirat. Jikapun tidak bisa, disebabkan pekerjaan-pekerjaan dunia, maka paling tidak ia sediakan waktu untuk amalan akhirat setiap hari.
Hendaklah ia meninggalkan segala urusan dunia ketika datang waktu sholat Jumat,  karena Nabi Saw telah memperingatkan bahwa siapa meninggalkan tiga shalat jumat berturut-turut, maka Allah akan mencap hatinya (Kafir).
Melalaikan sholat jumat adalah perbuatan keji dan dosa besar,  Kalau dulu, di zaman Walisongo, ketika tidak mau diajak sholat Jum’at, ada yang dikutuk lasngung menjadi kera lantaran malas sholat jumat dan sibuk dengan dunianya.
Kita juga perlu ingat ancaman bagi orang yang malas mengerjakan sholat walau sekali meninggalkan sholat;
Tertulis namanya di pintu neraka yang harus ia masuki. Lalu kobaran api memenuhi kubur bagi orang yang malas mengerjakan sholat dan selalu mengqadha sholatnya.
Kelak tangan mereka akan di belenggu, mulut mereka dikunci, dan para malaikat terus-menerus memukuli mereka dari depan dan dari belakang. Surga berkata kepada mereka; ‘Kamu tidak memiliki hubungan apapun denganku. Aku bukan untuk orang sepertimu dan kamu bukan untukku.’ Jahannam berkata, ‘Mari, kemari, mendekatlah kepadaku, kamu untukku, dan aku untukmu.’
Lalu ada pula seekor ular yang sangat besar, panjangnya seperti sebulan perjalanan. Ular itu diciptakan untuk menyiksa orang-orang yang meninggalkan sholat
Terdapat pula lembah bernama, Jubbul-Hazan di dalamnya ada rumah-rumah kalajengking. Seekor kalajengking lebih besar daripada keledai. Dan kalajengking itu di ciptakan untuk menyiksa orang-orang yang meninggalkan sholat.  
Berapa lama itu terjadi?
Barang siapa meninggalkan sholat hingga lewat waktunya, lalu ia mengqadhanya, maka ia akan disiksa di neraka selama satu huqub. Satu huqup sama dengan delapan puluh tahun dan satu tahun terdiri dari 360 hari, dan ukuran sehari (di akhirat) adalah seribu tahun (di dunia) (dari hitungan ini satu huqup sama dengan 28.800.000 tahun). Naudzubil-Lah,
Kelalaian ini umumnya dilakukan oleh pedagang, pekerja, pemuda-pemuda yang malas dan yang banyak tidur. Maka, pemerintah yang diberi amanat sebagai penguasa berkewajiban memaksa orang-orang itu supaya menghadiri shalat jumat dan diberi tahu, diingatkan, dan dihukum bagi mereka apabila meninggalkannya. Pemerintah tidak akan terlepas dari tanggung jawab ini sebagaimana mereka mengawasi dan mengatur perkara dunia.
Marilah, mulai sekarang perhatikan masalah sholat kita.
Perkara-perkara yang disunahkan ketika hendak melaksanakan sholat jum’at
1.       Sunah memotong kuku dan memotong bulu ketiak, kemaluan.
2.       Mandi sunah, dengan niat “Nawaitul ghusla lisholaatil jumati sunnatal li-Llahi ta’alaa”, setiap tetes
3.       Sunah bersiwak ketika hendak berwudhu, mau mendirikan shalat sunah/wajib.
4.       Memakai wewangian
5.       Jangan lupa sunah membaca doa dan adab setiap hendak melakukan sesuatu; masuk toilet, keluar toilet, hendak mandi, keluar-masuk rumah, menuju masjid, keluar-masuk masjid,
6.       Berangkat ke masjid lebih awal, carilah barisan shof awal. Sesungguhnya setiap jangkah dari langkah kita menuju masjid dihapuskan 1 kesalahan kita, dinaikan 1 derajat kita. Begitu juga kepulangan seseorang menuju rumahnya, maka baginya 1 jangkah dihapuskan dosa” kecil dan dinaikan 1 derajatnya.
7.       Lalu sholat sunah wudhu’ 2 rakaat, dengan niat  “Ushallii sunnatal wudhuu’i rak’ataiini lil-Lahi ta’aalaa”
8.       Lalu sholat tahiyatal masjid 2 rakaat, dengan niat “Ushalli sunnata-tahiyyatil masjidi rak’ataini lil-Laahi ta’alaa”
9.       Duduk dan meniatkan diri untuk iktikaf di dalam masjid dengan niat; “Nawaitul i’tikhaafa fii haadzal masjidi taqorruban ila-Llaahi ta’alaa”. Selama ia duduk tanpa bicara masalah duniawi, Malaikat terus mendokan ampunan baginya. Sebaik-baik manakah doa dari mahluk-Nya yang dekat dengan-Nya dan tidak pernah melanggar perintah-Nya.
10.   Lalu membaca do’a: Allahumma innii asaluka iimaa nan daa iman wa yakiinan shoodikon .. dst.
11.   Usahakanlah duduk di shof pertama (awal) karena sesungguhnya Allah memberi keistimewaan bagi orang yang berada di barisan pertama shalat berupa ampunan-Nya, sedangkan malaikat terus mendoakannya memohonkan ampunan untuk-Nya.
12.   Lalu sholat kobliah jum’at dengan niat, “Ushallii sunnatal jum’ati rak’ataini qobliyyatal lil-Lahita’alaa”
Dan sholat fardhu jum’at,
13.   Setelah salam, tetaplah dalam posisi duduk tahiyat akhir jangan berubah lalu bacalan al-fatihah 7x, al-ahad 7x, an-Nas 7x, Allah akan mengampuni seluruh dosa-dosa kecil hamba-Nya.
14.   Lalu membaca 7 kali syair ini;
“Illaahii lastulil firdaausi ahlaa, walaa aq’waa alaa naaril jahiimi
fahabliitaubatan wagfirr dhunuubi fainnaka ghaa firudzzanbil adziimi ....”
Dawuhe Syaikh Abdul Wahab Sya’raani;
barangsiapa membaca syair tersebut 7 kali setelah shalat Jumat maka akan diberikan Allah mati dalam keadaan Islam, iman.
Sholat ba’diyatal Jumat
15.   dianjurkan pula pada hari Jum’at yaitu membaca surat Al-Kahfi, memperbanyak sholawat atas junjungan Nabi Saw pada siang dan malam jumat. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar